Bagimana Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri? Berikut ini Tahapannya

Mengajarkan anak makan sendiri memang gampang-gampang susah. Gampangnya, setiap anak memang sudah dibekali kemampuan untuk berkembang yang salah satunya adalah kemampuan bisa makan sendiri. Namun, yang namanya anak kecil pasti akan membutuhkan proses yang cukup lama agar ia bisa terampil makan sendiri.

Moms harus memahami tahapan yang harus dilewati oleh sang buah hati agar ia bisa memiliki kemampuan untuk makan sendiri dengan baik. Simaklah tips berikut ini!

  1. Pastikan bahwa peralatan yang digunakan harus higienis

Makan pasti akan peru peralatan makan, mulai dari piring, sendok, wadah nasi, wadah lauk-pauk dan lain sebaginya. Moms harus memastikan bahwa semua barang-barang tersebut harus bersih dan terbebas dari kuman. Hal itu dimaksudkan supaya buah hati anda tetap terjaga kebersihannya serta dapat terhindar dari bahaya penyakit yang mungkin saja dapat disebabkan oleh peralatan makan anda yang kurang higienis itu.

  1. Peralatan yang digunakan juga harus aman bagi anak

Kebiasaan makan anak yang cenderung mengeksplorasi makanan dan peralatan makannya perlu diantisipasi dengan baik. Terkadang ia akan membalikan makanan serta membantingkanya ke lantai. Moms harus mengantisifasi hal itu dengan menyiapkan peralatan makan yang aman. Peralatan makan yang terbuat dari bahan pelastik (food grade) jauh lebih aman daripada peralatan makan yang dari bahan kaca.

  1. Ajarkan anak anda tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan

Eksplorasi pada masa balita akan memungkinkan anak anda memegang banyak benda yang ada di sekitarnya. Moms pasti sudah mengetahui kalau benda-benda tersebut belum tentu terbebas dari kuman. Oleh sebab itu, edukasilah sang buah hati anda untuk selalu membiasakan cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan. Pakailah sabun atau cairan untuk cuci tangan supaya tangan sang buah hati lebih terjamin kebersihannya.

  1. Pastikan keamanan tempat makan sang buah hati

Jangan tempatkan mereka di kursi yang tinggi karena dikhawatirkan akan terjatuh. Anda bisa mensiasatinya dengan memberikan sabuk pengaman, namun belum tentu semua anak anda akan merasa nyaman dengan hal itu. Sebaiknya, pilihlah tempat makan lesehan karena bisa lebih safety bagi sang buah hati anda.

  1. Ajarkan sang anak memegang makanan (finger food)

Di sela-sela anda menyuapinya, biarkan sang buah hati bereksperimen dengan makanannya. Mereka akan belajar bagaimana memegang makanan sampai memasukannya ke dalam mulut. Untuk mengajarkan hal ini Moms bisa menggunakan makanan bertekstur lembut seperi buah-buahan yang telah dipotong-potong (apel atau papaya) atau sayuran yang sudah direbus (wortel atau kentang).

  1. Ajarkan anak untuk menggunakan sendok

Anak juga harus diajarkan bagimana ia menggunakan sendok. Sambil sesekali diperagakan bagaimana menggunakan sendok yang baik, biarkan anak juga bereksplorasi dengan sendok tersebut. Jangan khawatir makanan menjadi berantakan karena itu akan menjadi salah satu tahap perkembangan penting untuk melatih kemampuan otak sang buah hati anda tersebut.

Pelan tapi pasti, anak anda pasti akan bisa makan sendiri. Jangan lupa praktikan tips tersebut di rumah Moms masing-masing ya!

Leave a Reply