Batas Maksimal Konsumsi Jus Buah Bagi Anak-anak

Jus buah merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh sang buah hati anda. Namun, Moms harus ingat bahwa konsumsi jus buah secara berlebihan dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan anak anda. Nutrisi yang tidak seimbang karena mengkonsumsi buah-buahan yang berlebiahan akan membuat anak anda mudah sakit gigi, bahkan bisa menimbukan gizi buruk serta obesitas.

Oleh karena itu, Moms harus belajar bijak dalam memberikan asupan jus buah untuk si kecil. Bagaimana batasan maksimal konsumsi jus buah tersebut bagi anak anda? Mari kita simak pemaparan beirkut ini!

 

  1. Takaran konsumsi jus buah untuk anak usia 6 bulan kebawah

Pada anak usia ini, sebaiknya anda tidak memberikan minuman jus buah tersebut kepada anak anda. Kandungan kadar gula yang cenderung berlebih akan membuat asupan gizi anak menjadi kurang seimbang.

  1. Takaran konsumsi jus buah untuk anak usia 1 sampai dengan 6 tahun

Konsumsi jus pada anak usia satu sampai enam tahun tidak boleh melebihi angka 120 sampai 180 ml atau setara dengan 4 sampai 6 ons per harinya. Daripada mengkonsumsi jus buah, sang buah hati sebaiknya diberikan buah segar secara langsung. Buah segar tersebut dapat dikonsumsi langsung dengan cara di potong-potong supaya anak anda dapat memegang serta memakannya dengan mudah.

  1. Takaran konsumsi jus buah untuk anak usia 7 sampai dengan 18 tahun

Pada usia ini, anak anda boleh mengkonsumsi jus buah. Namun, perlu diingat bahwa tidak boleh melebihi angka yang telah dianjurkan. Sebagian ahli kesehatan menyarankan bahwa anak dalam usia 7 sampai 18 tahun tersebut sebaiknya tidak menkonsumsi jus buah melebihi 8 sampai 12 ons atau 250 sampai 350 ml per harinya. Walaupun anak anda sudah besar, namun control akan minum jus yang terlalu berlebihan harus tetap dilakukan. Jika tidak, maka bahaya penumpukan kadar gula berlebih akan menimbulkan dampak buruk berupa penyakit gula darah yang sangat berbahaya.

Itulah ketiga takaran yang dapat menjadi patokan atau panduan anda dalam memberikan asupan makanan dan minuman yang tepat untuk sang buah hati tercinta. Sebaiknya, pilihlah buah segar untuk dikonsumsi daripada di olah menjadi jus karena manfaat dan khasiat buah segar akan lebih optimal dibandingkan dengan jus buah.

Jangan lupa untuk mencermati takaran konsumsi jus buah tersebut agar sang buah hati anda akan selalu mendapatkan nutrisi yang baik dan seimbang. Dengan nutrisi yang baik dan seimbang, maka perkembangan dan pertumbuhan anak anda pun akan berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu, memberikan kontrol yang baik terhadap pola makan anak merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh dianggap remeh.

Leave a Reply