Kenali 5 Makanan Alternatif ini Jika Anak Anda Termasuk Picky Eater

Banyak orang tua yang dihadapkan dengan masalah anak yang suka pilih-pilih makan. Apakah hal itu juga sedang dialami oleh Moms? Jangan khawatir, anda bisa menawarkan makanan alternatif bagi anak anda yang picky eater tersebut.

  1. Gandum Utuh untuk Anak Picky Eater

Moms sesekali bisa menawarkan makanan olahan dari gandum utuh seperti roti putih yang memiliki kandungan serat tinggi, biskuit gandum, serta pasta gandum utuh. Selain kandungan seratnya yang tinggi, makanan olahan dari gandum ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan energi sehingga dapat menjadi salah satu makanan alternatif bagi anak yang picky eater.

  1. Sayuran untuk Anak Picky Eater

Apabila anak anda menolak untuk memakan sayuran yang dimasak, cobalah untuk memberikannya sayuran dalam bentuk salad. Apabila anak anda menolak makan sayur yang berwarna hijau, anda bisa mensiasati dengan sayuran yang berwarna orange seperti wortel, berwarna ungu seperti ubi, atau berwarna kuning seperti labu. Tawarkan pula sayuran yang diolah dalam bentuk jus, pasta atau saus taco. Dengan ragam variasi yang ditawarkan tidak akan menutup kemungkinan bahwa sang anak akan menyukai salah satunya.

  1. Buah-Buahan untuk Anak Picky Eater

Apakah anak anda picky eater untuk buah buahan segar? Jangan khawatir karena anda bisa mensiasatinya dengan berbagai macam olahan buah seperti olahan buah yang dibikin yogurt, membuat buah apel menjadi saus, mengolah buah-buahan menjadi isian roti dan lain sebaginya. Apabila ada olahan yang disukai, maka secara perlahan-lahan anda dapat mengenalkan buah-buahan segar tersebut dengan potongan-potongan kecil.

  1. Daging untuk Anak Picky Eater

Variasi sumber protein yang bisa anda coba untuk anak picky eater diantaranya adalah ikan, telur, tahu, gandum dan kacang-kacangan. Namun, apabila sang anak masih picky eater; maka anda dapat mencoba variasi olahan seperti membuat isian daging untuk roti tawar. Mungkin dengan olahan tersebut, anak anda bisa tertarik untuk menyantap makanan berbahan daging tersebut.

  1. Susu untuk Anak yang Picky Eater

Ragam olahan susu seperti yogurt atau keju dapat mengganti menu susu apabila sang anak tidak menyukainya. Disamping itu, sebagai pengganti Vitamin D dan kalsium pada susu, anda juga bisa menggantinya dengan brokoli, ikan kaleng bahkan paparan sinar matahari.

Moms bisa mencoba ragam menu dari lima alternatif makanan untuk akan picky eater tersebut diatas. Dengan usaha dan kesabaran tentu saja anda bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi sang buah hati walaupun ia cenderung pilih-pilih makan. Sesekali konsultasikan dengan dokter anak agar masalah picky eater pada anak bisa memperoleh solusi yang tepat sehingga anak anda menjadi tidak pilih-pilih makan lagi. Selamat mencoba!

Leave a Reply