Ketahuai Lebih Jauh, Berapa Banyak Serat yang Dibutuhkan Anak Setiap Hari?

Serat merupakan salah satu bagian terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sang buah hati anda. Pada umumnya, serat bersumber dari sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, Moms harus membiasakan sang anak agar suka makan sayuran dan buah-buahan tersebut dengan selalu menghadirkan variasi menu yang berasal dari keduanya.

Kekurangan akan serat dalam tubuh sang anak dapat menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri.Beberapa penyakit yang sering timbul akibat kekurangan serat diantaranya adalah sembelit, obesitas, diabetes, hingga beberapa jenis kanker yang tentunya akan membahayakan sang buah hati tercinta.

Agar buah hati Moms mendapatkan asupan serat yang cukup, maka sebaiknya anda memperhatikan berapa jumlah serat yang dibutuhkan oleh anak setiap harinya. Jumlah serat yang diperlukan tersebut akan tergantung pada usia bahkan juga jenis kelamin dari anak itu sendiri. Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan no. 75 tahun 2013. Mari Moms simak ulasannya!

  1. Anak yang belum genap satu tahun atau berusia 0 sampai dengan 11 bulan, maka ia akan butuh asupan serat sekitar 10 gram serat setiap harinya.
  2. Anak yang telah mencapai usia genap satu tahun sampai dengan 3 tahun, maka asupan serat yang diperlukan hingga mencapai jumlah 16 gram setiap harinya.
  3. Anak usia diatas tiga tahun, tepatnya berusian antara 4 sampai enam tahun, maka kebutuhan seratnya mencapai angka 22 gram serat per hari.
  4. Adapun anak yang berumur antara 7 sampai 9 tahun, ia akan membutuhkan serat dengan jumlah 26 gram serat per hari.

Untuk anak yang telah berusia 10 tahun sampai dengan 18 tahun dikelompokan berdasarkan umur sekaligus jenis kelaminnya, seperti berikut ini!

  1. Anak laki-laki yang berusia 10 sampai 12 tahun akan membutuhkan serat dengan jumlah 30 gram per hari. Berbeda sedikit dengan anak berjenis kelamin perempuan yang hanya membutuhkan 28 gram serat per hari pada rentang usia yang sama.
  2. Anak laki-laki yang mencapai umur 13 sampai 15 tahun akan membutuhkan serat sekitar 35 gram. Sementara itu, anak perempuan pada rentang usia yang sama akan membutuhkan asupan serat sekitar 30 gram per hari.
  3. Anak laki-laki yang berusia 16 sampai dengan 18 tahun akan membutuhkan serat 37 gram per hari dan anak perempuannya masih di angka 30 gram per hari. Hal itu sama seperti anak perempuan yang berusia 13 sampai dengan 15 tahun.

Dari data pengelompokan kebutuhan serat anak berdasarkan usia sekaligus jenis kelamin, Moms bisa mengetahui bahwa asupan serat untuk anak laki-laki cenderung lebih besar dibandingkan dengan anak perempuan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Kemungkinan besar berkaitan dengan aktivitas anak laki-laki yang cenderung lebih aktif dibandingkan dengan anak perempuan.

Leave a Reply