Maksimalkan Kecerdasan Si Kecil di 5 Tahun Pertama dengan Ragam Nutrisi

Asupan nutrisi yang baik dan seimbang sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Termasuk juga perkembangan yang berkaitan dengan kecerdasan otak yang seharusnya mendapatkan perhatian yang tepat. Kemudian timbul pertanyaan, nutrisi apa saja yang berkaitan erat dengan pengoptimalan kecerdasan si kecil? Mari kita cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini.

  1. Kolin

Kolin bisa berasal dari bahan makanan hewani seperti daging sapi dan telur. Selain itu, kolin juga bisa bersumber dari bahan makanan nabati seperti tahu, kubis brokoli dan kembang kol. Nutrisi kolin sangat berperan besar dalam meningkatkan daya ingat serta memperlancar proses komunikasi otak dengan organ-organ lainnya yang berkaitan satu sama lain.

  1. Vitamin A

Vitamin A juga sangat vital bagi kecerdasan si kecil karena kecerdasan otak juga berkaitan dengan daya penglihatan. Semakin tajam daya penglihatan si kecil, maka akan semakin tajam pula daya ingat dan kecerdasannya. Wortel, paprika merah, ubi, dan bayam bisa menjadi sumber Vitamin A yang cukup mempuni bagi kebutuhan harian si buah hati anda.

  1. Asam lemak esensial

Agar kecerdasannya optimal, maka si kecil harus diberikan asupan makanan yang mengandung asam lemak dalam bentuk Omega 3 dan Omega 6. Si kecil bisa memperolehnya dari beragam jenis ikan seperti ikan sarden, tuna, salmon, tongkol, kerang dan udang. Untuk bahan makanan nabatinya bisa bersumber dari minyak zaitun ataupun kacang kenari. Omega 3 dan 6 yang terkandung dalam makanan-makanan diatas dapat membantu daya mengamati dan berpikir si kecil menjadi lebih baik.

  1. Zat besi

Lengkapi menu makan keluarga anda dengan asupan nutrisi dalam bentuk zat besi. Nutrisi tersebut bisa anda peroleh dari bahan makanan seperti daging kambing dan sapi, susu, kacangan-kacangan, dan sayuran yang berwarna hijau. Zat besi membantu kinerja sistem otak menjadi lebih maksimal karena dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sistem saraf menjadi lebih optimal.

  1. Protein

Kecerdasan si kecil juga dapat ditentukan dari tingkat keaktifannya sehari-hari. Keaktifan anak sangat berkaitan dengan gerakan fisik dan gerakan tersebut pasti akan membutuhkan energi. Perlu Moms ketahui bahwa tubuh anak akan menggunakan 10 persen zat proten yang ada di tubuhnya untuk diubah menjadi tenaga atau energi. Moms tentunya sudah paham betul tentang bahan-bahan makanan yang mengandung protein. Jangan lupa untuk memberikan variasi menu protein anda agar si anak tidak bosan makan sumber protein yang itu-itu saja.

Memiliki anak yang pintar adalah dambaan bagi setiap orang tua. Oleh karena itu, anda harus berupaya untuk mengoptimalkan kepintaran yang sudah ada dalam diri anak tersebut dengan memberikan nutrisi-nutrisi yang baik.

 

Leave a Reply