Moms Wajib Tahu, Inilah Buah dan Sayuran untuk Makanan Pertama Bayi Anda

Setelah bayi masuk usia enam bulan, sebaiknya Moms mencoba untuk memberikan makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu) berupa ragam jenis buah dan sayuran. Biasakan bayi anda untuk mendapat asupan makanan pendamping ASI tersebut dengan variasi rasa yang beragam. Namun, Moms harus ingat bahwa makanan tersebut harus bertekstur lembut agar tubuh sang bayi mudah mencernanya.

Lebih lanjut lagi, tidak ada urutan yang baku untuk memberikan makanan pendamping ASI mana yang harus didahulukan atau diakhirkan. Jadi, Moms jangan terpaku oleh daftar urutan buah dan sayuran yang akan dibahas dalam artikel ini.

 

Daftar Buah-Buahan untuk Makanan Pertama si Bayi

Tidak semua jenis buah-buahan dapat dijadikan makanan pertama bagi bayi anda. Moms juga harus memilih dan memastikan bahwa buah-buahan tersebut telah matang sempurna serta memiliki tekstur yang lembut. Berikut daftar buah-buahan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pertama bagi bayi anda.

  1. Pisang
  2. Alpukat
  3. Pir
  4. Apel
  5. Peach atau Persik
  6. Melon
  7. Plum

Untuk cara pengolahannya, Moms dapat menumbuk atau mengiris kecil-kecil buah-buahan yang akan diberikan kepada sang buah hati tersebut.

 

Daftar Sayuran untuk Makanan Pertama si Bayi

Sama halnya seperti buah-buahan, sayuran yang direkomendasikan untuk makanan pertama bayi anda pun harus memenuhi kriteria lunak serta mudah dicerna oleh bayi anda. Berikut ini lists sayuran yang bisa anda pilih.

  1. Wortel
  2. Lobak
  3. Ubi jalar
  4. Labu siam
  5. Bayam
  6. Brokoli
  7. Kacang hijau
  8. Courgette
  9. Kembang kol

Bagaimana cara pengolahannya? Yang terpenting dalam memasak sayuran tersebut harus di potongan kecil-kecil atau bahkan ditumbuk dan dimasak hingga benar-benar matang dan lunak.

 

Buah Dulu atau Sayur Dulu? Ini Jawabannya Moms

Jika Moms dihadapkan dengan pertanyaan buah dulu atau sayur dulu untuk makanan pertama bayi anda, maka semua itu akan tergantung dari naruriah bayi anda itu sendiri. Namun, pada dasarnya semua bayi suka dengan rasa manis karena rasa dasar ASI adalah manis. Oleh karena itu, pemberian buah-buahan yang rasanya manis untuk makanan pertama bayi anda dipandang lebih efektif.

Disisi lain, jika bayi anda langsung suka sayur tidak ada salahnya juga memberikan makanan pertama bagi bayi anda itu berupa sayuran. Namun, jika bayi anda menolaknya, maka jangan terlalu memaksakan kehendak. Hentikan pemberian sayur ketika bayi anda menolaknya, namun coba lagi dua hari kemudia. Treatment pemberian sayur bagi bayi anda secara bertahap. Moms juga bisa mencampurkan rasa manis dari ubi jalar ke dalam sayuran yang akan diberikan kepada sang buah hati tersebut. Dengan begitu, lambat laun bayi anda akan menyukai sayuran. Ingat kuncinya adalah sabar!

Leave a Reply