Ragam Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Otak Bayi

Nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi harus diberikan sejak bayi tersebut berada dalam kandungan sang ibu. Oleh karena itu, apabila Moms sedang mengandung, maka perhatikan beberapa nutrisi penting berikut ini!

  1. Protein

Protein berfungsi untuk membentuk sel-sel beserta jaringan pada bagian otak dan sekitarnya. Oleh karena itu, Moms sangat penting untuk menyediakan bahan makanan yang mengandung protein hewani, diantaranya adalah, telur, daging, dan ikan. Selain itu, anda bisa mengkombinasikannya dengan sumber protein nabati seperti tahu, tempe dan beberapa jenis kacang-kacangan.

  1. Zat Besi

Zat besi juga bisa berasal dari ASI, namun setelah bayi berusia 6 bulan; sebaiknya Moms memberikan sumber makanan lain yang mengandung zat besi tersebut. Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan akan zat besi pun akan semakin bertambah. Makanan sumber zat besi bisa berasal dari ikan, daging sapi, hati, daging ayam tanpa kulit, dan telur.

  1. Lemak

Asupan nutrisi lemak bagi sang bayi dapat bersumber dari ASI (Air Susu Ibu) secara alami. Moms jangan mengganti ASI dengan susu formula karena bisa menghilangkan sejuta manfaat yang diperoleh dari ASI tersebut. Salah satu manfaat penting dari ASI adalah kandungan lemaknya. Jenis lemak yang terkandung itu berupa Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (ARA). Keduanya berperan penting dalam pembentukan stuktur otak bayi serta bisa membuat sistem kerja otak menjadi lebih maksimal. Setelah 6 bulan, sumber lemak juga dapat diberikan dari bahan makanan pendamping ASI seperti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Disamping itu, kacang-kacangan , telur, daging sapi pun dapat menjadi sumber lemak berikutnya.

  1. Vitamin D

Selain untuk perkembangan tulang, Vitamin D juga sangat berperan aktif dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak anda. Bahkan Vitamin D tersebut dibutuhkan ketika sang bayi masih dalam kandungan.

  1. Yodium

Yodium dapat berasal dari berbagai sumber makanan seperti lobster, udang, ikan tuna, minyak ikan, kentang serta telur. Yodium berperan dalam pembentukan hormon tiroid untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf dan otak bayi agar bekerja optimal.

  1. Kolin

Kolin sangat bermanfaat dalam menunjang sistem kerja saraf dan otak. Kurangnya asupan makanan yang mengandung kolin tentu akan sangat mengganggu kecerdasan sang anak itu sendiri. Selain dari ASI, kolin juga bisa bersumber dari daging seperti daging merah dan daging unggas. Kolin juga bersumber dari sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis. Selain dari daging dan sayur, kolin juga dapat berasal dari kuning telur dan kacang-kacangan.

  1. Asam Folat

Sumber asam folat yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dapat berasal dari hati, sayuran hijau, bayam, kacang-kacangan, serta beberapa jenis buah seperti jeruk dan alpukat.

  1. Zink

Zink bersumber dari ASI dan bahan makanan lainnya seperti daging ayam dan daging sapi, gandum dan kacang. Zink banyak ditemukan di bagian otak karena dapat menjadi salah satu elemen penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak anda.

Itilah delapan elemen penting yang harus Moms perhatikan agar asupan sang buah hati dapat terjaga sehingga kecerdasan otaknya pun dapat berfungsi secara maksimal.

Leave a Reply