Sekilas Info tentang Vitamin D bagi Tumbuh Kembang Anak

Vitamin D berperan aktif dalam tubuh manusia, yaitu untuk menjaga kesehatan tulang, mengontrol jumlah kalsium dalam darah, serta membangun sistem imun tubuh. Semua peran tersebut sangat dibutuhkan oleh anak anda yang sedang ada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Terutama yang berkaitan dengan sistem imunitas, sangatlah vital peranannya karena dengan kuatnya sistem imun tersebut, maka anak anda pun akan kebal dari serangan penyakit yang berbahaya.

Bagi anak yang telah mencapai 12 bulan, maka ia akan membutuhkan Vitamin D per harinya sekitar 400 UI (International Units) atau sekitar 10 mcg (microgram). Sedangkan untuk anak yang menginjak usia satu tahun ke atas, maka ia akan memerlukan sekitar 600 IU, atau setara dengan 15 mcg per harinya. Moms tidak perlu memenuhi kebutuhan per hari akan Vitamin D tersebut sama persis seperti diatas. Namun, anda bisa mengkalkulasikannya dalam satu minggu sehingga mencapai rata-rata yang diharapkan.

Akibat Kurang Asupan Vitamin D bagi Anak  

Jangan sesekali menyepelekan asupan Vitamin D bagi tubuh karena dapat berakibat fatal. Anak yang kurang asupan Vitamin D akan mengalami masalah pertumbuhan yang sangat berbahaya. Selain itu, penyakit rakitis, kejang-kejang, kardimiopati atau gangguan pada organ otot jantung pun akan menjadi masalah besar berikutnya.

Sinar Matahari Sebagai Sumber Vitamin D bagi Anak

Mengingat pentingnya akan fungsi Vitamin D bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, maka Moms harus cerdas dalam menyuplai kebutuhan Vitamin D tersebut. Jangan alergi apabila sang buah hati ingin main di luar rumah karena hal itu akan memberikan asupan nutrisi Vitamin D yang sangat berharga. Ya, asupan Vitamin D tersebut akan didaptkan dari sinar UVB matahari yang tentunya hanya akan didapatkan di tempat terbuka.

Sinar matahari yang terbaik dapat anak anda peroleh pada pagi hari sebelum jam Sembilan. Walau demikian, anda tetap saja harus memberikan sunblock bagi sang buah hati agar ia dapat terhindar dari paparan sinar matarhari secara langsung pada saat bermain di luar rumah.

Sumber Vitamin D untuk Anak yang Berasal dari Makanan

Sumber Vitamin D yang terkandung dalam makanan sangatlah bervariasi. Oleh karena itu, Moms harus mengetahuinya dengan baik agar anak anda tercinta selalu mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup. Bahan makanan yang bisa dijadikan sumber Vitamin D, diantaranya adalah jus jeruk, susu segar, yogurt, sereal, ikan salmon, ikan tuna, fortifikasi, ikan mackerel, kuning telur, serta margarine.

Itulah sekilas info mengenai Vitamin D bagi anak. Semoga Moms bisa mencukupi asupan Vitamin D bagi sang buah hati tercinta supaya ia terhindar dari dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari kurangnya asupan Vitamin D tersebut.

Leave a Reply