Sekilas Tentang Baby-Led Weaning, Saat Bayi Makan dengan Tangan Sendiri

Gill Rapley yang merupakan seorang health visitor dari Inggris memperkenalkan istilah Baby-Led Weaning yang merujuk pada kemampuan sang bayi untuk makan dengan menyuapi dirinya-sendiri, tanpa bantuan orang lian. Dengan Baby-Led Weaning, maka sang bayi akan dibebaskan untuk memilih makanannya dengan jumlah yang mereka inginkan pula.

Baby-Led Weaning sebaiknya dilakukan ketika sang bayi sudah siap mencerna makanan yang cenderung padat. Usia yang tepat untuk melakukan hal itu yaitu pada usia 6 bulan. Selain pencernaannya sudah siap, bayi pada umur tersebut juga sudah bisa mengekplorasi benda-benda yang ada disekitarnya sehingga akan sangat memungkinkan bahwa Baby-Led Weaning dapat diaplikasikan dengan baik.

Namun, ada beberapa kasus yang memungkinkan bahwa bayi tersebut sudah mahir mengunyah sebelum ia berumur enam bulan. Disisi lain, ada juga bayi yang belum bisa mengunyah walaupun ia sudah memasuki umur tersebut. Jadi, Moms juga harus melihat situasi dan kondisi sang buah hati anda apakah sudah siap atau belum.

Apa saja makanan yang cocok bagi Baby-led Weaning? Moms bisa memilih beberapa variasi makanan seperti dari golongan sumber karbohidrat, diantaranya kentang, roti, pasta, atau bubur. Anda juga bisa mencoba beberapa sumber protein seperti ayam, telur, dan ikan. Apabila anda memilih ayam dan ikan, maka pastikan bahwa keduanya sudah terbabas dari tulang dan duri yang berbahaya. Selanjutnya, anda bisa memilih sumber serat berupa buah-buahan dan sayuran, seperti alpukat, pisang, pepaya, brokoli, dan wortel. Terakhir, keju dan yogurt juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Ingat, ada beberapa makanan yang harus dipotong-potong, dimasak atau direbus terlebih dahulu agar sang buah hati mudah memakannya.

Baby-led Weaning tetap harus mendapatkan kontrol yang optimal dari anda sebagai ibunya agar apabila terjadi sesuatu pada sang bayi, misalnya tersedak; maka anda bisa menolongnya secara langsung. Sebelum melakukan Baby-led Weaning, pastikan bayi anda dalam posisi duduk agar aman dari tersedak serta dapat memudahkan ia untuk makan dengan leluasa. Disamping itu, anda juga harus memperhatikan makanan apa saja yang membuat bayi anda alergi. Jika ditemukan ada makanan tersebut, maka segeralah untuk mengambilnya.

Moms, jangan lupa untuk melakukan Baby-led Weaning dengan memberikan beberapa variasi makanan supaya kelak nanti anak anda tidak pilih-pilih makanan atau picky eater. Disamping itu, jangan sesekali membiasakan anak untuk makan makanan yang tidak ada nilai gizinya karena hal itu akan bersifat sia-sia dan kemungkinan besar sang anak pun akan terbiasa menyukai makanan yang tidak ada nilai gizinya tersebut. Ingatlah bahwa makanan bergizi itu tidak selalu identik dengan makanan yang mahal. Jadi, Moms harus pandai-pandai memilih makanan yang tepat untuk sang buah hati anda tersebut.

Leave a Reply