Serba-Serbi Diet bagi Anak Perempuan, sebagai Edukasi Moms Wajib Baca!

Mempunyai tubuh ideal merupakan dambaan bagi semua orang terutama bagi anak perempuan yang sudah menginjak usia puberetas. Pada masa itu, anak perempuan biasanya akan mempercantik diri supaya terlihat lebih sempurna di mata teman-temannya, terutama teman lelakinya.

Masalah akan timbul bagi anak perempuan yang memiliki badan gemuk. Tentunya ia ingin mempunyai tubuh ideal seperti yang lainnya. Disanalah mulai terpikir bagimana cara menguruskan badan. Salah satu upaya yang sering ditempuh oleh anak perempuan adalah dengan melakukan diet.

 

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan diet bagi anak perempuan?

Diet memang sah-sah saja dilakukan selama sudah waktunya dan tidak dilakukan secara ekstrim (diet ketat). Karena remaja itu masih dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangan, maka sebaiknya lakukan diet ketika anak perempuan anda mencapai usia 16 sampai 18 tahun. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu karena kurun waktu tersebut tidak akan sama antara anak yang satu dengan yang lainnya. Terkadang bisa lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Diet yang dilakukan sebelum masa pertumbuhan dan perkembangan sebaiknya tidak boleh dipraktikan. Jangan khawatir terbawa dewasa, karena lemak dalam tubuh pada masa itu akan digunakan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan itu sendiri. Pada dasarnya, tubuh anda akan lebih ramping sesuai dengan bertambahnya berat dan tinggi badan anda sendiri.

Mengapa diet ketat tidak boleh dilakukan? Diet ketat hanya akan menyiksa diri karena asupan nutrisi menjadi kurang seimbang sehingga dapat menimbulkan bahaya penyakit kurang gizi. Oleh karena itu, lakukanlah diet yang sehat walaupun hasilnya lebih lambat, namun asupan gizi kedalam tubuh anda akan tertap terjamin dengan baik.

Apa Saja Tips Diet yang Sehat?

  1. Lakukan olah raga secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu. Tidak perlu olah raga yang mahal. Cukup sederhana saja, misalnya aerobic, jalan santai, lari pagi, loncat tali dan lain sebaginya.
  2. Tetap perhatian asupan nutrisi berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dengan sebaik-baiknya. Jangan mentang-mentang anda sedang diet, maka anda lupa akan asupan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh tersebut.
  3. Jangan membiasakan ngemil makanan ringan karena kebiasaan tersebut mempunyai resiko kegemukan yang cukup besar.
  4. Jangan sepelekan asupan serat. Serat bisa berasal dari sayuran dan buah-buahan. Jangan sesekali meninggalkan kebiasaan makan sayur dan buah walapun anda sedang menjalankan diet.
  5. Pilihlah asupan lemak baik bagi tubuh anda. Lemak baik dapat diperoleh dari alpukat atau kacang-kacangan. Anda juga harus menghindari asupan lemak jahat yang biasanya bersumber dari makanan cepat saji serta makanan yang digoreng dengan menggunakan banyak minyak.
  6. Perhatiakan waktu istirahat anda. Jangan keseringan begadang karena dengan begadang maka anda akan ngemil banyak makanan sehingga diet sehat pun tidak akan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply