Tips Edukasi terhadap Anak Agar Tidak Pilih-pilih Makanan

Pilih-pilih makanan atau disebut juga dengan istilah picky eater merupakan hal yang lumrah bagi balita anda. Namun, moms tentu akan merasa jengkel dengan masalah tersebut bukan? Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi? Hal itu terjadi karena balita pada umumnya hanya nyaman dengan makanan yanmg sudah terbiasa ia makan. Sang balita harus mengenal terlebih dahulu menu makan baru yang akan ia makan. Apabila makanan itu sangat berbeda jauh dari apa yang ia biasa makan sehari hari, maka kemungkinan besar ia cenderung tidak akan menyukai makanan tersebut.

Oleh karena itu, moms harus pandai-pandai mengedukasi sang balita agar tidak terlalu pilih-pilih makan. Berikut ini adalah tips yang bisa moms terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Biasakan untuk memberi makan makanan yang bervariasi

Memberikan makanan yang itu-itu saja akan membuat balita anda menjadi lebih tertutup untuk mencoba ragam makanan baru. Moms harus membiasakan untuk memberikan variasi makanan dalam bentuk yang berbeda beda setiap harinya. Jangan lupa juga, moms juga harus memberikan makanan bertekstur padat apabila balita anda diperkirakan sudah mulai bisa memakan makanan tersebut.

  1. Berikan kesempatan balita anda untuk memegang makanan yang ada di rumah

Sang balita akan mengeksplorasi benda-benda yang ada di rumah dan sekitarnya termasuk juga dengan makanan. Biarkan ia memegang dan mencicipi makanan yang dipilihnya. Balita anda akan lebih suka memakan makanan yang ia pilih sendiri dibandingkan dengan makanan yang sengaja agak dipaksakan oleh orang tuanya.

  1. Usahakan untuk membiasakan balita anda makan bersama

Sajian menu ketika makan bersama akan beragam sehingga sang balita pun akan terbiasa untuk melihat, memegang bahkan mencoba menu-menu yang telah disajikan tersebut. Dengan begitu, lambat-laun ia akan terbiasa dengan ragam menu yang berbeda-beda sehingga balita anda pun akan terhindar dari masalah picky eater.

  1. Sajikanlah makanan semenarik mungkin

Balita sangat tertarik dengan sesuatu yang menarik. Oleh sebab itu, moms harus pandai menyajikan makanan yang menarik perhatian sang balita. Moms bisa mendesain sajian menu dengan kombinasi warna misalnya hijau pada sawi, orange pada wortol, merah pada tomat dan lain sebaginya. Lebih dari itu, moms juga bisa menyajikan makanan sang balita pada wadah yang menjadi kesukaannya.

  1. Perkenalkan menu makanan secara step by step

Moms, jangan paksakan balita anda menerima sesuatu secara instan. Ia pasti membutuhkan proses adaptasi yang relatif lama. Perkenalkanlah ragam menu makanan sehat kepadanya secara bertahap karena cara itulah yang paling mudah diterima oleh sang buah hati. Disamping itu, menu makanan yang diperkenalkan kepada balita anda pun harus diberikan dengan jumlah yang sedikit.

Itulah lima tips yang akan menjadi bahan edukasi agar balita tercinta anda tidak mengalami masalah picky eater. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa anda terapkan ketika anda dihadapkan dengan masalah tersebut.

Leave a Reply